Capaian Pembelajaran Program Studi Sarjana

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

PRODI S-1 PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI PROGRAM SARJANA


Profil Lulusan : PUSTAKAWAN AHLI

Capaian Pembelajaran :
Mampu mengelola perpustakaan sebagai sumber informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan kebutuhan informasi pengguna

Rujukan:

  1. SN DIKTI standar Kompetensi Lulusan
  2. Rumusan Asosiasi Penyelenggara Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (APTIPI)
  3. Bahan SKKNI Perpustakaan Nasional RI 2017
  4. Professional Regulatory Board for Librarians Resolution no 03 Series 2015- Phillipina
  5. Panduan Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi / Dr.Endrotomo - Materi Pelatihan Kurikulum 1-2 Nopember 2017
  6. Masukan Dr.Endrotomo – Tim Kurikulum KKNI dan SN DIKTI, 2 Nopember 2017, di Universitas YARSI

Unduh berkas pdf (286kb)

KKNI Level 6

Profil Lulusan : PUSTAKAWAN AHLI

Setiap lulusan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Program Sarjana memiliki Capaian Pembelajaran sebagai berikut :

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

PENGETAHUAN (P)

  1. Mampu membuat perencanaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna
  2. Mampu mengelola sumber-sumber informasi dengan menggunakan metode pengelolaan sumber informasi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya
  3. Mampu mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menggunakan teknologi informasi perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna
  4. Mampu mengelola perpustakaan sebagai lembaga informasi berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan perpustakaan
  5. Mampu menerapkan dan mengembangkan keahlian Personnal Skill lintas fungsi dan level organisasi
  6. Mampu melakukan kajian teoritis dan terapan bidang kepustakawanan yang menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah
  1. Menguasai konsep teoritis, metode, dan aplikasi dalam pengembangan layanan informasi dan perpustakaan
  2. Menguasai konsep teoritis dalam pengelolaan sumber-sumber informasi yang mencakup analisis kebutuhan, kebijakan pengembangan koleksi, pengadaan dan seleksi, pengatalogan, e-resources, dan preservasi.
  3. Menguasai konsep teoritis dan teknik dalam penggunaan dan pengembangan sistem informasi
  4. perpustakaan berbasis TIK
  5. Menguasai konsep teoritis, metode, dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) pada perpustakaan dan lembaga informasi lainnya
  6. Menguasai kaidah, prinsip-prinsip dalam personal skill lintas fungsi, audiens, dan budaya
  7. Menguasai minimal satu metode penelitian (survey, eksperimen, , studi kasus) pada lingkup kuantitatif dan kualitatif

RUMUSAN SIKAP (S)

KETRAMPILAN UMUM (KU)

  1. Bertakwa kepadaTuhanYang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perpustakaan dan informasi
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan kajian perpustakaan dan informasi, berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun deskriptif saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu mengelola pembelajaran berbasis kepustakawanan secara mandiri
  11. Mampu mengelola pembelajaran berbasis kepustakawanan secara mandiriMampu melaksanakan sikap kepemimpinan dalam lingkup kerja di perpustakaan dan masyarakat
  12. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya
  13. Menguasai bahasa Inggris dalam menjalankan profesinya